Pelatihan Digital Meta Facebook STIF Syeikh Nawawi Tanara

Serang – Acara yang diselenggarakan oleh Meta Facebook ini, bertujuan untuk memberikan pelatihan berbasis digital sebagai bentuk peran dalam membangun ekonomi negara (sebagai ‘the agent of change’) terutama bagi para mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Fikih Syekh Nawawi Tanara.

Agar mampu memberikan suatu perubahan ke arah yang lebih baik dalam menyambut digitalisasi 5.0, transformasi digital. Pandemi menciptakan peluang dan inovasi baru berbasis digital seiring dengan peningkatan aktivitas sehari-hari dan transaksi digital masyarakat. pemanfaatan peluang baru, inovasi berbasis digital serta peningkatan ekonomi digital harus berdasarkan dua pilar penting yaitu inklusivitas dan pemberdayaan masyarakat. Pandemi juga telah menciptakan banyak peluang baru dan inovasi berbasis digital serta meningkatkan ekonomi digital.

Perkembangan teknologi, terutama media komunikasi digital, telah melahirkan peluang kewirausahaan baru. Media social seperti Facebook dan Instagram menjadi media baru untuk mempromosikan produk, berinteraksi, dan bertransaksi dengan pembeli secara faceless, atau tanpa tatap muka.

Selain para milenial (anak muda) peran para perempuan pengusaha sangat berpengaruh terhadap perkembangan ekonomi nasional, UMKM yang masuk dalam skala ekonomi mikro adalah lumbung kekuatan ekonomi nasional dan itu berasal dari para perempuan khususnya para ibu wirausaha karena kelekatannya dengan dunia perempuan termasuk sektor fashion, seperti: pakaian, aksesoris, sepatu, jilbab dan tas . Peluang yang dimanfaatkan oleh perempuan ini tidak lepas dari pemanfaatan media digital sebagai media promosi.

Dalam lingkungan STIF Syekh Nawawi Tanara saat ini telah melakukan penguatan ekonomi mikro melalui pemberdayaan ekonomi masyarakat, oleh karenanya terdapat 2 lembaga di lingkungan STIF Syekh Nawawi tanara yang dikelola oleh para mahasiswa kita, yaitu Bank Wakaf Mikro dan BMT (Baitul Maal Wat Tamwil ) yang ke dua -duanya berbasis koperasi, di BWM nasabah nya adalah para Ibu, mereka berwirausaha dan tinggal pedesaan, para mahasiswa setiap 1 minggu sekali memberikan sosialisasi dan pendidikan kepada para ibu dalam mengelola keuangan dan usahanya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.